5 Trik Backpacking Murah ke Jepang yang Sangat Irit dan Ekonomis

Di antara negara yang ada di Asia Timur, tampaknya Jepang jadi tujuan favorit wisatawan asal Indonesia. Keindahan budaya, alam, dan kemajuan teknologi sepertinya jadi alasan banyak orang tertarik berkunjung ke Negeri Matahari Terbit itu. Belum lagi, Jepang memberikan fasilitas bebas visa untuk para pemegang e-paspor asal Indonesia. Hal ini tentu semakin membuat banyak orang Indonesia kepengin ke sana.

Sayangnya, biaya liburan ke Jepang tidaklah murah. Tingginya biaya hidup di sana mengharuskan kamu untuk merogoh kocek dalam. Eits, tenang saja liburan ke Jepang tidak melulu mahal, kok. Kamu tetap bisa pergi ke Jepang secara hemat dengan memanfaatkan tiket promo penerbangan murah. Seperti halnya promo tiket Singapore Airlines yang sering menyediakan rute penerbangan murah ke Negeri Sakura.

Selain berburu tiket pesawat murah, masih ada trik jitu lainnya untuk kamu yang ingin liburan murah ke Jepang ala backpacker. Apa saja tipsnya? Yuk, intip trik backpacking ke Negeri Sakura yang tak akan bikin kantong kering.

1. Menginap di hotel kapsul

Demi memangkas bujet akomodasi, tak ada salahnya untuk memilih hotel kapsul sebagai pilihan alternatifnya. Di Jepang sendiri terdapat banyak hotel kapsul dengan varian harga yang relatif terjangkau. Biasanya para backpacker pun lebih memilih untuk bermalam di hotel kapsul dibandingkan hostel. Walau ukurannya minimalis dan ruang gerakmu terbatas, hal itu tentu tak jadi masalah kalau kamu tetap ingin liburan murah ke Jepang.

2. Bawa perbekalan dari rumah

Kalau yang satu ini, sih, wajib banget kamu lakukan. Harga makanan di Jepang termasuk mahal mengingat biaya hidup di sini sangatlah tinggi. Sekali makan kamu setidaknya kamu harus merogoh kocek sekitar Rp50 ribu – Rp 100 ribu. Makanya, bawalah persediaan makanan dari Tanah Air. Kamu bisa membawa aneka makanan kering seperti abon, mi instan, kentang dan tempe kering, ikan teri, rendang, dan lain sebagainya. Pokoknya bawa secukupnya agar kamu tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk makan.

3. Kunjungi tempat wisata gratis

Mau lebih hemat lagi? Kunjungi saja tempat wisata gratis yang ada di Negeri Sakura. Tak perlu muluk-muluk pergi ke Tokyo Disneyland kalau bersantai di taman kota saja sudah bikin kamu senang. Ya, aneka taman kota di Jepang seperti Ueno Park dan Yoyogi Park memang sangat terawat. Piknik di taman tersebut pun bisa dijadikan aktivitas seru kalau ingin menghemat biaya.

Selain itu, kamu juga bisa, loh, berfoto-foto di Shibuya, Ginza, atau mengunjungi tempat wisata gratis lainnya yang ada di Tokyo seperti Nakamise Market, Seno-Ji, Meiji Shrine, dan Hachiko Statue. Jangan takut kehabisan spot menarik karena Jepang punya banyak destinasi wisata gratis yang bakal bikin kamu betah berlama-lama.

4. Gunakan moda transportasi yang paling menguntungkan

Biaya transportasi di Jepang juga tidak murah. Misalnya saja, kereta cepat Shinkansen yang memasang tarif cukup mahal untuk sekali perjalanan Fukuoka – Tokyo. Biayanya sekitar 12.000 sampai 40.000 Yen atau setara Rp1,3 juta sampai Rp5 jutaan. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari menggunakan kereta api selama di Jepang. Kamu bisa memanfaatkan moda transportasi lainnya seperti bus kota dan kapal feri untuk berpindah ke lokasi lain. Bukan backpacker namanya kalau tidak bisa menemukan alternatif lain yang lebih murah.

5. Belanja di Daiso

Rasanya tidak mungkin kalau tidak membeli oleh-oleh ketika berlibur ke suatu tempat. Kalau kamu ingin membeli aneka souvenir untuk sanak keluarga, pergi saja ke Daiso. Ada lebih dari 3000 toko Daiso yang tersebar di Jepang. Kamu bisa dengan mudah menemukannya. Sebagian besar barang yang dijual di sana dibanderol dengan harga 100 Yen atau setara Rp13 ribuan. Barang apa saja ada di Daiso, mulai dari kebutuhan rumah tangga, kerajinan, dan lain sebagainya.

Itu dia trik backpacking murah ke Jepang. Jadi, sudah siap liburan ke Jepang ala backpacker?

Be the first to leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *