Melukis pakai matahari? Begini cara nya !

Menggunakan kuas dalam melukis tentu merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh banyak pelukis di atas dunia ini. Namun, pernahkah kamu melihat seseorang melukis menggunakan cahaya matahari? Memang terdengar aneh dan tak masuk akal, namun ternyata teknik melukis unik seperti ini memang ada di dunia. Penasaran dengan teknik melukis yang juga sering disebut heliografi ini?

  • Sunlight art memanfaatkan cahaya matahari dalam membuat lukisan

Sunlight art merujuk pada karya seni yang melibatkan pemanfaatan cahaya matahari dalam proses pembuatannya. Salah satu jenisnya adalah lukisan yang dibuat dengan menggunakan cahaya matahari. Lalu apa yang dibutuhkan untuk bisa membuat lukisan dengan teknik ini?

Para seniman yang menggunakan teknik ini, melukis dengan menggunakan cahaya matahari, kaca atau lensa, dan kanvas yang terbuat dari kayu. Layaknya menggunakan cahaya matahari untuk membakar sesuatu, panas matahari yang terkumpul di titik tengah kaca pembesar akan diteruskan pada kanvas kayu. Guratan pada permukaan kanvas yang terpanggang sinar matahari, akan menghasilkan desain yang sudah ditentukan terlebih dahulu oleh sang seniman.

  • Tak selalu harus menunggu matahari bersinar sangat terik

Untuk menghasilkan lukisan dengan cahaya matahari, seniman yang menggunakan teknik unik ini tak harus selalu bekerja di bawah sinar matahari yang sangat terik. Dilansir dari Ripleys, Michael Papadakis yang merupakan salah satu sunlight artist mengungkapkan bahwa ia malah nyaman melukis saat musim dingin, karena temperatur suhu yang rendah dan sinar matahari tidak terlalu terik.

  • Kacamata surya untuk melindungi mata si pelukis

Saat melukis dengan menggunakan sinar matahari, para pelukisnya sadar bahwa mata mereka bisa saja terkena radiasi sinar matahari. Oleh karena itu, saat melukis biasanya mereka menggunakan kacamata surya, untuk melindungi mata mereka dari radiasi dan panas sinar matahari yang berlebih.

Tak jarang, para sunlight artist ini juga menyediakan botol spray berisikan air, untuk mencegah terjadinya pembakaran yang berlebihan pada kanvas. Mereka juga menggunakan pakaian yang cocok dan bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terik.

  • Teknik ini juga dikenal dengan nama heliografi

Seni melukis dengan menggunakan cahaya matahari ini juga sering disebut dengan istilah heliografi. Istilah heliografi muncul pada tahun 1822, saat seorang fotografer bernama Joseph Nicéphore Niépce mengambil sebuah potret dengan memanfaatkan pantulan dari sinar matahari. Sejak itu, teknik pembuatan karya seni yang menggunakan sinar matahari disebut heliografi.

Menakjubkan bukan teknik melukis yang satu ini? Bagi yang penasaran, bisa lihat proses melukisnya lewat video di bawah ini.

Be the first to leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *