Oppo Luncurkan Aplikasi Chatting MeshTalk

Revolusi komunikasi via pesan teks semakin banyak berubah. Jika dulu SMS menjadi layanan penting, fungsinya kini digantikan aplikasi layanan pesan instan yang menggunakan jaringan internet sebagai pengganti pulsa.

Inovasi lain juga sedang disiapkan vendor smartphone asal China, Oppo. Mereka memperkenalkan MeshTalk, layanan pesan instan yang tidak membutuhkan pulsa, paket data, WiFi, maupun Bluetooth untuk berkirim pesan.

MeshTalk bisa memuat pesan berupa teks, suara, hinga telepon ke sesama ponsel Oppo. Lantas, bagaimana cara mengoneksikan antar pengguna?

MeshTalk merupakan layanan terdesentralisasi dengan menggunakan sistem end-to-end. Ia menggunakan sinyal yang terbenam di dalam perangkat.

Sinyal ini bisa menciptakan area lokal secara ad hoc untuk menghubungkan antar perangkat Oppo hingga jarak tiga kilometer. Oppo mengklaim layanan ini tidak akan banyak mempengaruhi usia baterai.

Bahkan Oppo mengklaim aplikasi MeshTalk tetap bisa berfungsi saat daya ponsel sedang kritis.

Menurut Oppo, MeshTalk bisa dimanfaatkan untuk IoT, navigasi dalam ruangan, dan marketing. Layanan ini belum final.

Oppo masih akan memperbaiki beberapa hal seperti konsumsi daya dan kekuatan sinyal. Belum diketahui kapan layanan ini akan diluncurkan.

Oppo juga tidak menjabarkan model atau spesifikasi ponsel apa yang bisa digunakan untuk mengakses MeskTalk. Sejatinya, layanan semacam ini bukanlah baru pertama muncul.

Tahun 2014 lalu, layanan serupa muncul dengan nama FireChat. Namun saat itu, layanan tersebut masih bertumpu pada koneksi Bluetooth dan peer-to-peer WiFi.

Be the first to leave a reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *